MAKALAH MATA KULIAH
APLIKASI PSIKOLOGI KOGNITIF SAINS DALAM IT
“Metode Tutorial”
DISUSUN
OLEH:
1.
Asma Amalia K (11512211)
2.
Bening Koesuma A (18512375)
3.
Farid Hikmatullah (12512773)
4.
Mia Nursuciana (14512563)
5.
Muhammad Rieva N. B (14512820)
6.
Rikzan Akbar (16512384)
FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2016
BAB I
A.
Latar
Belakang
Penggunaan
Teknologi Informasi dalam dunia pendidikan tidak dapat di hindari lagi. Salah
satu aplikasi teknologi informasi adalah internet, komputer yang terakses ke
internet pada awal dekade 90-an menjadi sumber belajar atau pengetahuan dan
sangat mudah untuk diperoleh. Penggunaan multimedia dalam pendidikan memang
menjanjikan begitu banyak manfaat bagi kedua belah pihak yaitu bagi pengajar
sebagai yang bertugas membelajarkan atau memfasilitasi belajar maupun bagi
siswa yang harus belajar. Dengan memanfaatkan multimedia, diharapkan mampu
menghasilkan proses pembelajaran yang tepat bagi siswa, karena siswa
benar-benar termotivasi untuk belajar. Dengan adanya multimedia berbagai model
pembelajaran dapat diwujudkan.
Suatu
program multimedia yang baik akan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa,
sesuatu hal yang sangat sulit dilakukan dengan cara-cara tradisional. Menurut
Sudjana (2001), Kemajuan teknologi multimedia baru semakin cepat dan bersamaan dengan meningkatkan
tekanan untuk mengurangi biaya pendidikan, telah mengakibatkan meningkatnya
permintaan untuk penggunaan teknologi pendidikan.
Pembelajaran
Berbantuan Komputer atau sering disebut dengan istilah CAI (Computer Assisted Instruction) terkait
langsung dengan pemanfaatan komputer dalam kegiatan pembelajaran didalam dan
diluar kelas, baik secara individu maupun secara kelompok. CAI (Computer
Assisted Instruction ) dapat
diartikan sebagai bentuk pembelajaran yang menempatkan komputer dalam peran
guru, dimana siswa berinteraksi secara langsung dengan komputer dan kontrol
sepenuhnya ditangan siswa sehingga memungkinkan siswa belajar sesuai kemampuan
dan memilih materi (pembelajaran) sesuai
kebutuhannya (Wihardjo, 2007).
Pemanfaatan
komputer untuk pendidikan yang dikenal sering dinamakan pengajaran dengan
bantuan komputer CAI ( yang dikembangkan dalam beberapa bentuk metode, antara
lain drills and practice, tutorial, simulasi, permainan/ games, dan discovery,
(Arsyad, 2006).
Dalam
makalah ini kami lebih memfokuskan untuk membahas bentuk metode tutorial. Menurut Susilana dan Riyana
(2009), tutorial adalah pembelajaran
melalui computer dimana siswa dikondisikan untuk mengikuti alur permbelajaran
yang sudah terprogram dengan penyajian materi dan soal. Model tutorial sangat menuntut siswa menguasai
materi secara tuntas, sehingga sebelum setiap segmen materi belum terkuasai
maka tidak bisa berlanjut ke materi berikutnya.
Metode tutorial merupakan salah satu metode yang cukup
banyak digunakan di sekolah-sekolah saat ini. Hal ini dikarenakan kurikulum
yang diterapkan sekolah lebih mengutamakan kemandirian siswa saat belajar.
Aplikasi CAI bertipe tutorial dapat menggantikan peran guru dalam memberikan
instruksi dan dapat memberikan beberapa tes untuk melihat perkembangan siswa.
Bahkan beberapa sekolah sudah ada yang menerapkan metode belajar dengan kelas
virtual, sehingga apabila siswa merasa belum memahami apa yang diterangkan guru
dikelas mereka bisa mengikuti kelas virtual kapanpun dan dimanapun.
Metode CAI tutorial seringkali disamakan dengan CAI tipe drill & practice (Doering &
Veletsianos, 2009). Beberapa aplikas drill
memberikan umpan balik yang seringkali disamakan dengan tutorial oleh
pengguna aplikasi.
B.
Tujuan
Makalah ini bertujuan untuk membahas metode CAI tip
tutorial dan membedakannya dengan tipe CAI lainnya serta memberikan contoh
aplikasi yang berjenis tutorial.
BAB II
A.
Tutorial
Menurut Susilana dan
Riyana (2009), tutorial adalah
pembelajaran melalui computer dimana siswa dikondisikan untuk mengikuti alur
permbelajaran yang sudah terprogram dengan penyajian materi dan soal.
Paryanta
(2015) mengartikan CAI berbasis tutorial adalah metode CAI yang menyajikan informasi atau konsep
baru melalui monitor dan siswa diberi kesempatan untuk berinteraksi dengan informasi atau konsep baru
tersebut.
Doering &
Veletsianos (2009) mendefinisikan tutorial sebagai keseluruhan dari urutan
instruksi pada suatu topik yang serupa dengan instruksi yang diberikan guru di
kelas.
Dari definisi
beberapa tokoh diatas dapat disimpulkan metode tutorial ada metode pembelajaran
yang menyajikan informasi baru dengan urutan instruksi layaknya guru/tutor.
B.
Tujuan
Pada umumnya CAI bertujuan untuk mempermudah kegiatan
belajar mengajar. CAI tutorial memiliki tujuan untuk menyalurkan informasi dari
komputer ke pengguna komputer secara langsung.
C.
Manfaat
Manfaat penerapan CAI pada metode belajar mengajar antara
lain :
a.
Pengguna dapat
menyesuaikan kecepatan belajarnya sendiri
b.
Pengguna dapat
memilih materi apa saja yang disukai untuk dipelajari
c.
Menstimulasi
pancaindera pengguna untuk memudahkan pemahaman materi
d.
Dapat meningkatkan
gairah belajar dibandingkan dengan suasan di dalam kelas.
D.
Kelebihan
Menurut Iskak & Yustinah
dalam bukunya menjelaskan bahwa terdapat kelebihan pada software tutorial,
antara lain :
a. Merupakan alat peraga yang dapat memperagakan percobaan
tanpa adanya resiko
E.
Kekurangan
Doering & Veletsianos (2009) dalam bukunya
menjelaskan bahwa terdapat beberapa limitasi pada software tutorial, antara
lain :
a. Aplikasi tutorial memberikan informasi secara langsung
dibandingkan memberikan kesempatan bagi siswa untuk menghasilkan pengetahuan
mereka sendiri melalui proses tugas langsung.
b. Aplikasi tutorial masih sedikit yang memiliki kualitas
bagus.
c. Aplikasi tutorial terkadang memiliki cara penyampaian
informasi yang berbeda dan diluar harapan guru.
F.
Bentuk
Aplikasi CAI berbasis tutorial terbagi menjadi dua jenis.
Alessi & Trollip ( dalam Doering & Veletsianos, 2009) membagi tutorial
menjadi :
a. Linear tutorial
Linear tutorial adalah bentuk
tutorial sederhana yang memberikan instruksi, penjelasan, pelatihan, dan umpan
balik yang sama terhadap seluruh pengguna tanpa melihat perbedaan performansi
setiap pengguna.
b. Branching tutorial
Branching tutorial memiliki jalur-jalur yang menjadi penentu instruksi
selanjutnya untuk pengguna. Jalur-jalur ini bekerja terhadap respon jawaban
yang diberikan oleh pengguna sesuai dengan kemampuannya, sehingga ada perbedaan
urutan instruksi pada setiap individu.
BAB III
A.
Tampilan software
Software yang kami gunakan sebagai contoh aplikasi
tutorial adalah “TAJWID”. TAJWID merupakan aplikasi yang diprogram menggunakan
perangkat flash sehingga tidak
dibutuhkan instalasi dan ukuran file pun cukup kecil. TAJWID berisi informasi
tentang huruf-huruf arab, jenis-jenis tajwid,
dan cara membaca tajwid.
Gambar 1.
Tampilan awal aplikasi
Pada tampilan awal terlihat ada 8 kategori materi
belajar. Aplikasi ini membebaskan penggunanya untuk memilih materi pembelajaran
sesuai dengan apa yang diinginkan. Sebagai contoh, materi pertama yaitu bentuk,
makhraj dan sifat huruf hijaiyah.
Gambar 2.
Contoh materi 1
Setelah pengguna memilih materi 1, akan muncul
huruf-huruf arab. Apabila kursor diarahkan ke salah satu huruf, akan muncul
deskripsi mengenai sifat dan makhraj huruf. Jika huruf di klik, akan keluar
suara cara membaca huruf. Jika pengguna ingin masuk ke materi berikutnya cukup
meng-klik materi 2,3,4, dst. Contoh berikutnya materi 5.
Contoh 3. Contoh materi 5
Pada contoh
ini, didalam meteri 5 yang merupakan materi tentang tajwid, terdapat pembagian
kategori didalamnya. Setiap kategori memiliki deskripsi dan pengguna dapat
bebas memilih kategori mana saja yang ingin dipelajari. Sebagai contoh materi
A.
Gambar 4. Contoh materi A
Pada materi A
terdapat deskripsi beserta contoh tulisan yang memiliki tajwid Ikhfa Aqrab.
Pada contoh tulisan, terdapat lingkaran kuning yang merupakan tanda untuk
menunjukkan huruf ikhfa nya. Pada saat huruf di klik maka akan ada suara cara membaca
yang benar.
BAB IV
A.
Analisis
Software tajwid merupakan salah satu aplikasi yang menggunakan
metode tutorial. Dengan hadirnya aplikasi tajwid ini memudahkan para pengguna
dalam mempelajari ilmu tajwid lebih mudah, praktis dan bisa mempelajarinya lebih
mendalam. Ketika pengguna membuka aplikasi tajwid tersebut pertama – tama para
pengguna akan disajikan dengan tampilan yang colorfull, kemudian intruksi yang di berikan dalam setiap kategori
materi tersebut dapat dengan mudah diikuti dan memudahkan para pengguna dalam mempelajari
ilmu tajwid.
B.
Kesimpulan
Pengguna teknologi informasi dalam dunia pendidikan memberikan banyak
manfaat. Salah satu aplikasi teknologi informasi adalah internet dan komputer,
dua hal tersebut menjadi sumber bagi para pelajar, guru bahkan masyarakat untuk
memperoleh informasi atau pengetahuan dengan mudah. Perkembangan yang terus
dilakukan dalam bidang teknologi informasi memunculkan inovasi – inovasi
terbaru, seperti dalam dunia pendidikan yaitu salah satu metode pembelajaran terbaru
yaitu dengan menggunakan metode tutroial.
Seperti yang dituturkan oleh Doering & Veletsianos (2009)
mendefinisikan tutorial sebagai keseluruhan dari urutan instruksi pada suatu
topik yang serupa dengan instruksi yang diberikan guru di kelas. Dan salah satu
contoh aplikasi yang menggunakan metode tutorial adalah aplikasi tajwid,
aplikasi ini sangat memudahkan para pengguna dalam mempelajari ilmu tajwid dan
disajikan dengan intruksi yang memudahkan para pengguna.
Dengan adanya metode tutorial, para pengguna tidak perlu menghadirkan
seorang guru atau ahli untuk menerangkan suatu topik, akan tetapi para pengguna
dapat mempelajari dengan sendiri bagaimana suatu hal itu bekerja.
Daftar Pustaka
Arsyad, Azhar. (2006).Media Pembelajaran Jakarta: PT. Raja
Grafindo Persada.
Doering, A. & Veletsianos, G. (2009). Teaching with instructional software.
New Jersey: Pearson Education.
Iskak, A & Yustinah.(2008).Bahasa Indonesia.Jakarta: Erlangga.
Paryanta, A. N. (2015). Pengembangan
Alat Bantu Pembelajaran Sistem Saraf Pada Manusia Berbasis CAI (Computer Assisted Instruction) Dengan
Model Tutorial. Indonesia journal of networking and security. Vol. 4, No. 4.
Sudjana, N. (2001 ). Media Pengajaran. Jakarta: Sinar Baru Algensindo.
Susilana,
R & Riyana, C. (2009). Media Pembelajaran
Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan
dan Penilaian. Bandung: CV. Wacana Prima.
Wihardjo,
Edy. (2007).Pembelajaran Berbantuan
Komputer, Universitas Jember,
Jember.
Ayo bertaruh dan raih kemenangan Anda bersama kami.
BalasHapusKami dari S128Cash Bandar Judi Online Terbaik dan Terpercaya ingin mengajak Anda bergabung bersama kami.
Semua permainan Populer tersedia disini, seperti Sportsbook, Live Casino, Sabung Ayam Online, IDN Poker dan masih banyak permainan lainnya.
S128Cash juga menyediakan berbagai PROMO BONUS Menarik, seperti :
- BONUS NEW MEMBER 10%
- BONUS DEPOSIT SETIAP HARI 5%
- BONUS CASHBACK 10%
- BONUS 7x KEMENANGAN BERUNTUN !!
Untuk transaksi DEPOSIT & WITHDRAW Online 24 Jam !!
Bagi Anda yang malas ke ATM atau saldo lagi kosong, tidak perlu khawatir, Karena disini Anda dapat melakukan deposiit melalui OVO, GOPAY dan PULSA !!
Sangat membantu bukan? Jadi apa lagi yang Anda tunggu? Segera daftarkan diri Anda dan nikmati kemenangan Anda.
Hubungi kami :
- Livechat : Live Chat Judi Online
- WhatsApp : 081910053031
Link Alternatif :
- http://www.s128cash.biz
Judi Bola
Daftar Situs Judi Bola Terpercaya