Nama
: Farid hikmatullah
Npm
: 12512773 (3pa01)
Materi
: SOFTSKILL
ANALISIS
perencanaan, penetapan & pengorganisasian dalam struktur manajemen
“PT.
ASTRA HONDA MOTOR”
Pertumbuhan
konsumen sepeda motor meningkat luar biasa. Di tengah-tengah persaingan yang
begitu tajam akibat banyaknya merek pendatang baru, sepeda motor Honda yang
sudah lama berada di Indonesia, dengan segala keunggulannya, tetap mendominasi
pasar dan sekaligus memenuhi kebutuhan angkutan yang tangguh, irit dan
ekonomis. Menjawab tantangan tersebut, organisasi yang berada di balik
kesuksesan sepeda motor Honda di Indonesia terus memperkuat diri.
PT
Astra Honda Motor (AHM) merupakan sinergi keunggulan teknologi dan jaringan
pemasaran di Indonesia, sebuah pengembangan kerja sama antara Honda Motor
Company Limited, Jepang, dan PT Astra International Tbk, Indonesia. Keunggulan
teknologi Honda Motor diakui di seluruh dunia dan telah dibuktikan dalam
berbagai kesempatan, baik di jalan raya maupun di lintasan balap. Honda pun
mengembangkan teknologi yang mampu menjawab kebutuhan pelanggan yaitu mesin
"bandel" dan irit bahan bakar, sehingga menjadikannya sebagai pelopor
kendaraan roda dua yang ekonomis.
Tidak
heran, jika harga jual kembali sepeda motor Honda tetap tinggi. AHM memiliki
pengetahuan yang komprehensif tentang kebutuhan para pemakai sepeda motor di
Indonesia, berkat jaringan pemasaran dan pengalamannya yang luas. AHM juga
mampu memfasilitasi pembelian dan memberikan pelayanan purna jual sedemikian
rupa sehingga brand Honda semakin unggul.
PT Astra Honda Motor, perusahaan
yang menjalankan fungsi produksi, penjualan dan pelayanan purna jual yang
lengkap untuk kepuasan pelanggan dan memiliki:
Visi : Memimpin
pangsa pasar sepeda motor di Indonesia dengan merealisasikan impian pelanggan,
menciptakan kegembiraan dan berkontribusi terhadap masyarakat Indonesia
Misi : Menciptakan
solusi mobilitas bagi masyarakat Indonesia dengan produk dan layanan terbaik
Manajemen Operasional PT Astra
Honda Motor
Just In Time
adalah suatu keseluruhan filosofi operasi manajemen dimana segenap sumber daya,
termasuk bahan baku dan suku cadang, personalia, dan fasilitas dipakai sebatas
dibutuhkan. Semua bahan baku dan komponen sebaiknya tiba tepat waktu di lokasi
kerja pada saat dibutuhkan. Produk sebaiknya diselesaikan dan tersedia tepat
waktu bagi pelanggan disaat pelanggan menginginkannya bukan berdasarkan
persediaan yang diantisipasi. Hal ini bertujuan untuk meminimalkan persediaan
yang ada sehingga dapat mengeliminasikan biaya penyimpanan serta sekaligus
mengeliminasi perlindungan atas kesalahan produksi dan ketidakseimbangan yang
diberikan oleh persediaan sehingga dapat mengurangi pemborosan. JIT juga
memperhatikan keseluruhan system produksi sehingga komponen yang bebas dari
cacat dapat disediakan untuk tingkat produksi selanjutnya tepat ketika mereka
dibutuhkan, tidak terlambat dan tidak terlalu cepat.
Manajemen Operasional PT Astra
Honda Motor
Just In Time
adalah suatu keseluruhan filosofi operasi manajemen dimana segenap sumber daya,
termasuk bahan baku dan suku cadang, personalia, dan fasilitas dipakai sebatas
dibutuhkan. Semua bahan baku dan komponen sebaiknya tiba tepat waktu di lokasi
kerja pada saat dibutuhkan. Produk sebaiknya diselesaikan dan tersedia tepat
waktu bagi pelanggan disaat pelanggan menginginkannya bukan berdasarkan
persediaan yang diantisipasi. Hal ini bertujuan untuk meminimalkan persediaan
yang ada sehingga dapat mengeliminasikan biaya penyimpanan serta sekaligus
mengeliminasi perlindungan atas kesalahan produksi dan ketidakseimbangan yang
diberikan oleh persediaan sehingga dapat mengurangi pemborosan. JIT juga
memperhatikan keseluruhan system produksi sehingga komponen yang bebas dari
cacat dapat disediakan untuk tingkat produksi selanjutnya tepat ketika mereka
dibutuhkan, tidak terlambat dan tidak terlalu cepat.
Sasaran implementasi JIT yang
dilakukan PT AHM yaitu:
1. PersediaanSasaran utama dalam
penerapan Sistem JIT.
2. Waktu Siklus
3. Perbaikan yang
berkesinambungan
4. Penghapusan pemborosan
Perencanaan
diperlukan untuk mengikuti perkembangan di masa mendatang. Tanpa perencanaan
sebuah organisasi kemungkinan akan mengambil cara – cara yang ekstrim untuk
menghindari kerugian atau untuk mempertahankan kelangsungan hidup. Umumnya
perencanaan terdapat tiga konsep, yaitu perencanaan perusahaan secara
keseluruhan, perencanaan pemasaran dan pemasaran tahunan. (Basu Swastha dan Irawan:2006)
Perencanaan
strategis menurut Philip Kotler:11 (2005)
dilaksanakan pda 2 level. Yaitu level strategis dan taktis. Level pemasaran
strategis membentangkan pasar sasaran dan proporsi nilai yang akan ditawarkan,
berdasarkan analisa tentang peluang pasar terbaik. Sedangkan rencana pemasaran
taktis adalah merinci takttik pemasaran yang mencakup fitur produk, promosi, perdagangan,
penetapan harga, saluran distribusi dan pelayanan
Strategi
perusahaan terkit produk biasanya berbeda – beda. Walaupun dalam satu payung
korporasi. Hal ini karena terkait dengan segmen dan target penjualan produk itu
sendiri. Artinya terdapat Unit Usaha yang mengelola atau menyusun strategi
secara khusus. Tetapai secara umum tentu perusahaan memiliki strategi secara
korporasi. Intinya strategi di tempuh atau dilakukan berdasarkan suatu tujuan.
Menurut Basu Swastha dan Irawan (2005)
ada 3 tahap strategi yaitu :
1)
Memilih konsumen yang di tuju
2)
Identifikasi keinginan konsumen
3)
Menentukn marekting mix
Sedangkan unsur strategi persaingan menurut Freddy Rangkuti (2003) terdiri dari 3 hal yaitu :
a.
Strategi segmentasi pasar
b.
Targeting
c.
Positioning
Pembahasan terkait dengan strategi dan unsur strategi tersebut akan di
bahas selanjutnya. Secara garis besar 2 hal yang akan di analisa adalah terkait
dengan Target Market dan Marketing Mix dari produk AHM.
Sesuai
dengan penjelasan, perusahaan dalam membuat kebijakan marketing mix harus bisa
menetapkan product, price, place and promotion (4P) dengan tepat. Karena
keempat elemen ini mempengaruhi satu sama lain. Keempat komponen tersebut
dilakukan oleh PT. Astra Honda Motor (AHM)
Dari uraian
tersebut diatas sebenarnya kesimpulannya adalah bagaimana perusahaan itu
(khususnya Honda) mampu memenangkan pasar melalui perencanaan strategis
dengan tetap berorientasi pada konsumen atau pasar. Artinya seluruh bagian
organisasi yang ada di dalamnya berupaya bagimana mendapatkan sistem dan
keputusan yang tepat dalam menciptakan kepuasan pelangan atau konsumen.
Bukti dari organisasi AHM tersebut
fokus pada konsumen adalah terlihat dari Visi dan Misi yang di canangkan.
Sedangkan implementasinya adalah dari banyaknya produk yang mewakili harapan
konsumen serta tanggapan penerimaan konsumen terhahadap produk Honda itu
sendiri. Setidaknya di buktikan dengan angka penjualan yang rekatif selalu
bersaing dan memimpin otomotif motor di Indonesia. Artinya fungsi penawaran
dan permintaan dalam sistem perekonomian tercipta dengan saling memberikan
keuntungan.
Adanya segmentasi pasar, target dan
positioning merupakan strategi dalam persaingan. Hal tersebut sebagai bagian
bagaimana Honda mampu mencarai atau merebut hati konsumen. Terbukti dengan
slogan “One Heart” dan hampir setiap produk mempunyai karakter yang kuat sesuai
dengan target yang di tuju. Inilah keunggulan daya saing yang sebenarnya dari
produk Honda. Yang berarti sesungguhnya untuk menjadi pemenang maka
karakter dan keinginan konsumen mutlak di pahami terlebih dahulu.
Terkait dengan analisi SWOT mungkin
yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan produk yang selalu up to date
sesuai keinginan/kebutuhan masyarakat. Artinya hanya dengan ber Inovasi dan
Perbaikan terus menerus maka akan dapat selalu mencapai kepuasan pelanggan.
Atau dalam arti lain, AHM harus selalu pada target pengembangan produk yang
lebih mutakhir, inovasi teknologi, pengembangan yang kontinyu terhadap
produknya. Selanjutnya AHM juga dapat menjual lebih banyak motor skutik dan
sport yang lebih banyak sesuai dengan permintaan konsumen akhir-akhir ini.
Menjual di tempat lain atau mencari tempat-tempat yang belum pernah dijangkau
termasuk ke pedesaan.
Thanks to PT. ASTRA
HONDA
rangkamanya sangat muda di pahami
BalasHapusVisit Us