Cari Blog Ini

Rabu, 17 Agustus 2016

APLIKASI PSIKOLOGI KOGNITIF SAINS DALAM IT “Metode Tutorial”



MAKALAH MATA KULIAH APLIKASI PSIKOLOGI KOGNITIF SAINS DALAM IT
“Metode Tutorial





DISUSUN OLEH:
1.      Asma Amalia K                            (11512211)
2.      Bening Koesuma A                      (18512375)
3.      Farid Hikmatullah                        (12512773)
4.      Mia Nursuciana                            (14512563)
5.      Muhammad Rieva N. B               (14512820)
6.      Rikzan Akbar                               (16512384)

FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2016


BAB I
A.    Latar Belakang
Penggunaan Teknologi Informasi dalam dunia pendidikan tidak dapat di hindari lagi. Salah satu aplikasi teknologi informasi adalah internet, komputer yang terakses ke internet pada awal dekade 90-an menjadi sumber belajar atau pengetahuan dan sangat mudah untuk diperoleh. Penggunaan multimedia dalam pendidikan memang menjanjikan begitu banyak manfaat bagi kedua belah pihak yaitu bagi pengajar sebagai yang bertugas membelajarkan atau memfasilitasi belajar maupun bagi siswa yang harus belajar. Dengan memanfaatkan multimedia, diharapkan mampu menghasilkan proses pembelajaran yang tepat bagi siswa, karena siswa benar-benar termotivasi untuk belajar. Dengan adanya multimedia berbagai model pembelajaran dapat diwujudkan.
Suatu program multimedia yang baik akan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, sesuatu hal yang sangat sulit dilakukan dengan cara-cara tradisional. Menurut Sudjana (2001), Kemajuan teknologi multimedia baru semakin  cepat dan bersamaan dengan meningkatkan tekanan untuk mengurangi biaya pendidikan, telah mengakibatkan meningkatnya permintaan untuk penggunaan teknologi pendidikan.
Pembelajaran Berbantuan Komputer atau sering disebut dengan istilah CAI (Computer Assisted Instruction) terkait langsung dengan pemanfaatan komputer dalam kegiatan pembelajaran didalam dan diluar kelas, baik secara individu maupun secara kelompok. CAI (Computer Assisted Instruction ) dapat diartikan sebagai bentuk pembelajaran yang menempatkan komputer dalam peran guru, dimana siswa berinteraksi secara langsung dengan komputer dan kontrol sepenuhnya ditangan siswa sehingga memungkinkan siswa belajar sesuai kemampuan dan memilih materi (pembelajaran) sesuai kebutuhannya (Wihardjo, 2007).
Pemanfaatan komputer untuk pendidikan yang dikenal sering dinamakan pengajaran dengan bantuan komputer CAI ( yang dikembangkan dalam beberapa bentuk metode, antara lain drills and practice, tutorial, simulasi, permainan/ games, dan discovery, (Arsyad, 2006).
Dalam makalah ini kami lebih memfokuskan untuk membahas bentuk metode tutorial. Menurut Susilana dan Riyana (2009), tutorial adalah pembelajaran melalui computer dimana siswa dikondisikan untuk mengikuti alur permbelajaran yang sudah terprogram dengan penyajian materi dan soal. Model tutorial sangat menuntut siswa menguasai materi secara tuntas, sehingga sebelum setiap segmen materi belum terkuasai maka tidak bisa berlanjut ke materi berikutnya.
Metode tutorial merupakan salah satu metode yang cukup banyak digunakan di sekolah-sekolah saat ini. Hal ini dikarenakan kurikulum yang diterapkan sekolah lebih mengutamakan kemandirian siswa saat belajar. Aplikasi CAI bertipe tutorial dapat menggantikan peran guru dalam memberikan instruksi dan dapat memberikan beberapa tes untuk melihat perkembangan siswa. Bahkan beberapa sekolah sudah ada yang menerapkan metode belajar dengan kelas virtual, sehingga apabila siswa merasa belum memahami apa yang diterangkan guru dikelas mereka bisa mengikuti kelas virtual kapanpun dan dimanapun.
Metode CAI tutorial seringkali disamakan dengan CAI tipe drill & practice (Doering & Veletsianos, 2009). Beberapa aplikas drill memberikan umpan balik yang seringkali disamakan dengan tutorial oleh pengguna aplikasi.

B.     Tujuan
Makalah ini bertujuan untuk membahas metode CAI tip tutorial dan membedakannya dengan tipe CAI lainnya serta memberikan contoh aplikasi yang berjenis tutorial.





BAB II
A.                Tutorial
Menurut Susilana dan Riyana (2009), tutorial adalah pembelajaran melalui computer dimana siswa dikondisikan untuk mengikuti alur permbelajaran yang sudah terprogram dengan penyajian materi dan soal.
Paryanta (2015) mengartikan CAI berbasis tutorial adalah metode  CAI yang menyajikan informasi atau konsep baru melalui monitor dan siswa diberi kesempatan untuk berinteraksi          dengan informasi atau konsep baru tersebut.
Doering & Veletsianos (2009) mendefinisikan tutorial sebagai keseluruhan dari urutan instruksi pada suatu topik yang serupa dengan instruksi yang diberikan guru di kelas.
Dari definisi beberapa tokoh diatas dapat disimpulkan metode tutorial ada metode pembelajaran yang menyajikan informasi baru dengan urutan instruksi layaknya guru/tutor.
B.                 Tujuan
Pada umumnya CAI bertujuan untuk mempermudah kegiatan belajar mengajar. CAI tutorial memiliki tujuan untuk menyalurkan informasi dari komputer ke pengguna komputer secara langsung.
C.                Manfaat
Manfaat penerapan CAI pada metode belajar mengajar antara lain   :
a.       Pengguna dapat menyesuaikan kecepatan belajarnya sendiri
b.      Pengguna dapat memilih materi apa saja yang disukai untuk dipelajari
c.       Menstimulasi pancaindera pengguna untuk memudahkan pemahaman materi
d.      Dapat meningkatkan gairah belajar dibandingkan dengan suasan di dalam kelas.

D.      Kelebihan
Menurut Iskak & Yustinah dalam bukunya menjelaskan bahwa terdapat kelebihan pada software tutorial, antara lain :
a.       Merupakan alat peraga yang dapat memperagakan percobaan tanpa adanya resiko


E.                 Kekurangan
Doering & Veletsianos (2009) dalam bukunya menjelaskan bahwa terdapat beberapa limitasi pada software tutorial, antara lain   :
a.       Aplikasi tutorial memberikan informasi secara langsung dibandingkan memberikan kesempatan bagi siswa untuk menghasilkan pengetahuan mereka sendiri melalui proses tugas langsung.
b.      Aplikasi tutorial masih sedikit yang memiliki kualitas bagus.
c.       Aplikasi tutorial terkadang memiliki cara penyampaian informasi yang berbeda dan diluar harapan guru.
F.                 Bentuk
Aplikasi CAI berbasis tutorial terbagi menjadi dua jenis. Alessi & Trollip ( dalam Doering & Veletsianos, 2009) membagi tutorial menjadi :
a.       Linear tutorial
Linear tutorial adalah bentuk tutorial sederhana yang memberikan instruksi, penjelasan, pelatihan, dan umpan balik yang sama terhadap seluruh pengguna tanpa melihat perbedaan performansi setiap pengguna.

b.      Branching tutorial
Branching tutorial memiliki jalur-jalur yang menjadi penentu instruksi selanjutnya untuk pengguna. Jalur-jalur ini bekerja terhadap respon jawaban yang diberikan oleh pengguna sesuai dengan kemampuannya, sehingga ada perbedaan urutan instruksi pada setiap individu.





BAB III
A.                Tampilan software
Software yang kami gunakan sebagai contoh aplikasi tutorial adalah “TAJWID”. TAJWID merupakan aplikasi yang diprogram menggunakan perangkat flash sehingga tidak dibutuhkan instalasi dan ukuran file pun cukup kecil. TAJWID berisi informasi tentang huruf-huruf arab, jenis-jenis tajwid, dan cara membaca tajwid.
Gambar 1. Tampilan awal aplikasi
Pada tampilan awal terlihat ada 8 kategori materi belajar. Aplikasi ini membebaskan penggunanya untuk memilih materi pembelajaran sesuai dengan apa yang diinginkan. Sebagai contoh, materi pertama yaitu bentuk, makhraj dan sifat huruf hijaiyah.


Gambar 2. Contoh materi 1
Setelah pengguna memilih materi 1, akan muncul huruf-huruf arab. Apabila kursor diarahkan ke salah satu huruf, akan muncul deskripsi mengenai sifat dan makhraj huruf. Jika huruf di klik, akan keluar suara cara membaca huruf. Jika pengguna ingin masuk ke materi berikutnya cukup meng-klik materi 2,3,4, dst. Contoh berikutnya materi 5.










Contoh 3. Contoh materi 5
Pada contoh ini, didalam meteri 5 yang merupakan materi tentang tajwid, terdapat pembagian kategori didalamnya. Setiap kategori memiliki deskripsi dan pengguna dapat bebas memilih kategori mana saja yang ingin dipelajari. Sebagai contoh materi A.











Gambar 4. Contoh materi A
Pada materi A terdapat deskripsi beserta contoh tulisan yang memiliki tajwid Ikhfa Aqrab. Pada contoh tulisan, terdapat lingkaran kuning yang merupakan tanda untuk menunjukkan huruf ikhfa nya. Pada saat huruf di klik maka akan ada suara cara membaca yang benar.

BAB IV
A.    Analisis
     Software tajwid merupakan salah satu aplikasi yang menggunakan metode tutorial. Dengan hadirnya aplikasi tajwid ini memudahkan para pengguna dalam mempelajari ilmu tajwid lebih mudah, praktis dan bisa mempelajarinya lebih mendalam. Ketika pengguna membuka aplikasi tajwid tersebut pertama – tama para pengguna akan disajikan dengan tampilan yang colorfull, kemudian intruksi yang di berikan dalam setiap kategori materi tersebut dapat dengan mudah diikuti dan memudahkan para pengguna dalam mempelajari ilmu tajwid.


B.     Kesimpulan
Pengguna teknologi informasi dalam dunia pendidikan memberikan banyak manfaat. Salah satu aplikasi teknologi informasi adalah internet dan komputer, dua hal tersebut menjadi sumber bagi para pelajar, guru bahkan masyarakat untuk memperoleh informasi atau pengetahuan dengan mudah. Perkembangan yang terus dilakukan dalam bidang teknologi informasi memunculkan inovasi – inovasi terbaru, seperti dalam dunia pendidikan yaitu salah satu metode pembelajaran terbaru yaitu dengan menggunakan metode tutroial.
Seperti yang dituturkan oleh Doering & Veletsianos (2009) mendefinisikan tutorial sebagai keseluruhan dari urutan instruksi pada suatu topik yang serupa dengan instruksi yang diberikan guru di kelas. Dan salah satu contoh aplikasi yang menggunakan metode tutorial adalah aplikasi tajwid, aplikasi ini sangat memudahkan para pengguna dalam mempelajari ilmu tajwid dan disajikan dengan intruksi yang memudahkan para pengguna.
Dengan adanya metode tutorial, para pengguna tidak perlu menghadirkan seorang guru atau ahli untuk menerangkan suatu topik, akan tetapi para pengguna dapat mempelajari dengan sendiri bagaimana suatu hal itu bekerja.

Daftar Pustaka
Arsyad, Azhar. (2006).Media Pembelajaran Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Doering, A. & Veletsianos, G. (2009). Teaching with instructional software. New Jersey: Pearson Education.
Iskak, A & Yustinah.(2008).Bahasa Indonesia.Jakarta: Erlangga.
Paryanta, A. N. (2015). Pengembangan Alat Bantu Pembelajaran Sistem Saraf Pada Manusia Berbasis CAI (Computer Assisted Instruction) Dengan Model Tutorial. Indonesia journal of networking and security. Vol. 4, No. 4.
Sudjana, N. (2001 ). Media Pengajaran. Jakarta: Sinar Baru Algensindo.
Susilana, R & Riyana, C. (2009). Media Pembelajaran Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian. Bandung: CV. Wacana Prima.
Wihardjo, Edy. (2007).Pembelajaran Berbantuan Komputer, Universitas Jember, Jember.

1 komentar:

  1. Ayo bertaruh dan raih kemenangan Anda bersama kami.
    Kami dari S128Cash Bandar Judi Online Terbaik dan Terpercaya ingin mengajak Anda bergabung bersama kami.
    Semua permainan Populer tersedia disini, seperti Sportsbook, Live Casino, Sabung Ayam Online, IDN Poker dan masih banyak permainan lainnya.

    S128Cash juga menyediakan berbagai PROMO BONUS Menarik, seperti :
    - BONUS NEW MEMBER 10%
    - BONUS DEPOSIT SETIAP HARI 5%
    - BONUS CASHBACK 10%
    - BONUS 7x KEMENANGAN BERUNTUN !!

    Untuk transaksi DEPOSIT & WITHDRAW Online 24 Jam !!
    Bagi Anda yang malas ke ATM atau saldo lagi kosong, tidak perlu khawatir, Karena disini Anda dapat melakukan deposiit melalui OVO, GOPAY dan PULSA !!
    Sangat membantu bukan? Jadi apa lagi yang Anda tunggu? Segera daftarkan diri Anda dan nikmati kemenangan Anda.
    Hubungi kami :
    - Livechat : Live Chat Judi Online
    - WhatsApp : 081910053031

    Link Alternatif :
    - http://www.s128cash.biz

    Judi Bola

    Daftar Situs Judi Bola Terpercaya

    BalasHapus