Cari Blog Ini

Rabu, 31 Juli 2013

makalah kreativitas dan keberbakatan



                                          Makalah Kreativitas dan Keberbakatan  
Brain & Brawn the tactical game
Disusun oleh :
v  Agustian
v  Andri Riyanto
v  Farid Hikmatullah
v  M. Asykur rois
v  Pandu perdana
v  Shafaruddin

Kelas : 1PA 08







Depok 2013
Kata pengantar
Puji syukur kehadirat tuhan yang maha esa, yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya, sehingga penyusun dapat menyelesaikan Makalah dengan judul “kreativitas dan keberbakatan tentang permainan brain & brawn the tactical game”.
Makalah ini merupakan syarat melengkapi tugas kelompok pada mata kuliah kreativitas dan keberbakatan, dalam proses pembuatan permainan dan juga pembuatan makalah, kami turut serta mengajak orang-orang disekitar lingkungan kami agar dapat menggunakan dan menilai hasil dari karya yang kami buat selain itu di dalam pembuatan permainan tersebut kami bermaksud atau bertujuan untuk memberikan hiburan yang menyegarkan agar masyarakat di lingkungan kami khususnya bagi anak kost-kostan tidak mudah jenuh dengan keadaan.
Selain itu kami menanamkan cara bagaimana bekerja sama diantara kelompok bukan hanya menggunakan fisik namun juga pikiran. Penyusun berterima kasih kepada dosen pembimbing yang telah membimbing, Sehingga makalah dapat terselesaikan dengan baik. Dalam proses penyelesaian makalah ini penyusun banyak menemukan kesulitan, hal ini disebabkan karena masih terbatasnya kemampuan penulis, baik pengalaman maupun pengetahuan. Untuk itu, penulis harapkan atas kritik dan saran yang positif demi kesempurnaan makalah ini.




Depok, 20-04-2013




Daftar isi

Kata pengantar……………………………………………………………….........   2
Daftar isi………………………………………………………………………......   3
BAB 1
Pendahulauan………………………………………………………………………. 4
Rumusan masalah………………………………………………………………….. 4
Tujuan masalah…………………………………………………………………….. 4
 BAB 2
Pembahasan…………………………………………………………………………            5
Pengertian kreativitas………………………………………………………………. 5
Pengertian keberbakatan…………………………………………………………… 5
Hubungan Kreativitas dan Keberbakatan dengan permainan Brain & Brawn…….  6
Dampak psikologis yang ditimbulkan terhadap permainan Brain & Brawn……...    6
Efek positif…………………………………………………………………….......  7
Efek negative………………………………………………………………………. 7
BAB 3
Penutup…………………………………………………………………………….  8
Kesimpulan………………………………………………………………………...  8
Saran ………………………………………………………………………………. 8
Daftar Pustaka………………………………………………………………………            9


Bab 1
Pendahuluan
Bakat adalah anugrah yang tidak boleh disia – siakan dan harus dikembangkan secara maksimal. Setiap manusia terlahir dengan memiliki bakat tertentu. Bakat adalah sesuatu yang sudah dimiliki secara alamiah, yang mutlak memerlukan latihan untuk membangkitkan dan mengembangkannya Seperti halnya bakat, kreativitas yang dimiliki oleh seseorang juga anugrah yang harus dipergunakan secara tepat sasaran.
Kreativitas, disamping bermakna baik untuk pengembangan diri maupun untuk pembangunan masyarakat , juga merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Kreativitas erat kaitannya dengan kehidupan manusia. Kreativitas selalu berada dibelakang sebuah penemuan besar.
Kreativitas dan bakat sangat dibutuhkan individu untuk bisa melewati seleksi alam. Perpaduan keduanya juga sangat diperlukan untuk menghasilkan produk kreativitas yang bermanfaat. Maka dari itu, kami sebagai penyusun makalah berinisiatif membuat karya yaitu suatu permainan yang kami beri nama brain & brawn the tactical game yang berhubungan erat dengan psikologis seseorang dalam menyelesaikan masalah yang mereka hadapi sekaligus memberikan hiburan yang ikut melakukan permainan tersebut maupun yang tidak ikut disamping itu, permainan tersebut dirancang dengan menggunakan efek-efek yang tentunya berkaitan dengan mood seseorang misalnya warna, dan bentuk dari suatu bangun ruang.
B. rumusan masalah
1.pengertian kreativitas dan keberbakatan.
2.hubungan kreativitas dan keberbakatan dengan permainan brain & brawn.
3.dampak psikologis yang ditimbulkan terhadap permainan brain & brawn.
C. tujuan makalah
1.tujuan umum : untuk memenuhi tugas mata kuliah umum psikologi kreativitas dan keberbakatan.
2. tujuan khusus : menambah pengetahuan dan wawasan tentang kreativitas dan keberbakatan dengan cara membuat suatu karya permainan yang dapat memberikan efek positif bagi perkembangan mood seseorang yang tentunya berkaitan dengan psikologis seseorang.


Bab 2
Pembahasan
Pengertian kreativitas
Salah satu masalah yang kritis dalam meneliti, mengidentifikasi, dan mengembangkan kreativitas ialah bahwa ada begitu banyak definisi tentang kreativitas, tetapi tidak ada satu definisi pun yang dapat diterima secara universal. Mengingat kompleksitas dari konsep kreativitas, agaknya hal ini tidak mungkin dan tidak perlu, karena kreativitas dapat ditinjau dari berbagai aspek, yang kendatipun saling berkaitan tetapi penekanannya berbeda – beda. Rodhes (1961, dalam Isaksen, 1987) dalam menganalisis lebih dari 40 definisi tentang kreativitas, menyimpulkan bahwa pada umumnya kreativitas dirumuskan dalam istilah pribadi (person), proses, dan produk.
Pengertian Keberbakatan
Apa yang dimaksud “ keberbakatan” dan “ anak berbakat”? Dalam kepustakaan yang ditemukan berbagai istilah dan definisi mengenai anak berbakat dan keberbakatan. Istilah ini yang menunjukkan suatu perkembangan dari pendekatan “uni-dimensional” ( seperti definisi dari Terman yang menggunakan inteligensi sebagai criteria tunggal untuk mengidentifikasi anak berbakat, yaitu IQ 140) ke pendekatan “ multi-dimensional “. Pendekatan ini yang mengakui keragaman konsep dan kriteria keberbakatan, yaitu memerlukan cara – cara dan alat – alat yang berbeda – beda pula untuk mengidentifikasinya.
Kemampuan – kemampuan keberbakatan tersebut, baik secara potensional maupun yang telah nyata, meliputi :
A.    Kemampuan intelektual umum.
B.     Kemampuan akademik khusus.
C.     Kemampuan berpikir kreatif – produktif.
D.    Kemampuan memimpin.
E.     Kemampuan dalam salah satu bidang seni.
F.      Kemampuan psikomotor ( seperti dalam olahraga).





Hubungan Kreativitas dan Keberbakatan dengan permainan Brain & Brawn
Tentunya, bahwa kreativitas dan keberbakatan mencakup keluwesan dalam berfikir dan skelancaran dalam memproduksi ide-ide dan kelancaran dalam memproduksi ide-ide tersebut. Dan kami meyakini bahwa kreativitas dan juga keberbakatan dapat dituangkan kedalam suatu bentuk karya yang unik yang dapat merubah pandangan ataupun persepsi seseorang mengenai suatu keadaan.
Pertama, kami menyatakan bahwa permainan yang kami rancang terinspirasi dan mengadopsi suatu permainan yang pada umumnya masyarakat mengetahuinya sebagai twister, dan tentunya kami juga mengucapkan terima kasih karena dengan adanya twister maka permainan yang kami rancang bisa lebih baik dan imaginatif yaitu dengan menggunakan aspek yang berkaitan dengan psikologi.
Maka dari itu kami sebagai penyusun makalah sekaligus pembuat permainan yang kami beri nama brain & brawn the tactical game merancang sedemikian rupa agar masyarakat khususnya kaum muda merasa terhibur serta dapat merubah mood mereka yang sebelumnya merasa sedih, gelisah, ataupun berduka cita, kembali menemukan mood mereka yaitu senang dan melupakan masalah sejenak yang sedang mereka hadapi.
Selain itu, kami menyisipkan aspek yang berkaitan dengan psikologi yang dituangkan dalam permainan brain & brawn yaitu warna dan juga bangun ruang yang masing-masing tentunya berkaitan dengan psikologi kepribadian seseorang.
Dampak psikologis yang ditimbulkan terhadap permainan Brain & Brawn
Sebagaimana diketahui bahwa setiap permainan mempunyai efek positif maupun negatif bagi perkembangan psikologis seseorang yang memainkannya, begitu juga permainan yang bernama brain & brawn the tactical game yang dirancang sesuai dengan karakter individu masing-masing bak menggunakan warna maupun bangun ruang yang masing-masing mempunyai makna.




Berikut adalah efek positif permainan Brain & Brawn the tactical game :
ü  Mampu menghilangkan rasa jenuh dan kepenatan setelah bekerja maupun belajar.
ü  Harga yang ekonomis membuat permainan brain & brawn mudah dibuat ataupun dibeli.
ü  Bisa dimainkan ditempat tertutup maupun tempat terbuka.
ü  Dapat digunakan di ruang yang sempit maupun luas menyesuaikan kondisi tempat.
ü  Dengan penggunaan warna yang cerah dapat merubah mood seseorang ke arah yang lebih baik.
ü  Melatih konsentrasi dan fisik ketika sedang melakukan sesuatu kegiatan.
ü  Dengan penambahan gambar bangun ruang yang tentunya mempunyai makna bagi psikologi seseorang tentunya dapat menambah wawasan bagaimana karakter mengenai diri sendiri dan juga orang lain.
ü  Dan dapat dimainkan oleh seluruh kalangan masyarakat.
Namun dalam permainan brain & brawn terdapat efek negatif yaitu :
o   Jika tidak melakukan pemanasan tubuh terlebih dahulu dikhawatirkan dapat terjadinya cedera baik di persendian maupun di bagian pinggang.
o   Perlunya strategi yang tepat ketika bermain agar posisi tubuh dapat dikendalikan dengan baik.
o   Permainan ini hanya dapat dilakukan beregu yaitu masing-masing dua orang dan tidak dapat dilakukan secara individu atau ke empat orang tersebut saling berlawanan.







Bab 3
penutup
Kesimpulan
Dalam membuat suatu karya tentunya dibutuhkan sikap kreatif dan motivasi akan suatu wujud yang ingin dicapai karena jika hanya mengandalkan bakat tanpa adanya sikap kreatif maka tentu hasilnya tidak akan maksimal dan dalam perwujudan suatu karya tentunya akan menghasilkan efek positif dan negatif.
Dan dari semua itu adalah bagaimana kita meminimalisir segala efek negatif karena tentunya wujud karya yang disukai masyarakat adalah karya yang memberikan banyak manfaat baik bagi diri sendiri maupun orang lain.
Saran
Tentunya segala bakat harus dikembangkan dengan sikap kreativitas dan juga motivasi yang tinggi yaitu suatu bentuk pengikatan diri terhadap tugas, karena seseorang yang memiliki kreativitas pasti berbakat, tetapi seseorang yang berbakat belum tentu memiliki kreativitas.











Daftar pustaka
Mudjiran, Dkk. 2007. Buku Ajar; Perkembangan Peserta Didik. Padang: UNP Press.
Utami Munandar. 2004. Perkembangan kreativitas anak berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

KEPUSTAKAAN Mangunhardjono, AM. 1986. Mengembangkan kreativitas. Yogyakarta: Kanisius.








 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar