Makalah Kreativitas dan Keberbakatan
Brain & Brawn the
tactical game
Disusun
oleh :
v Agustian
v Andri
Riyanto
v Farid
Hikmatullah
v M.
Asykur rois
v Pandu
perdana
v Shafaruddin
Kelas
: 1PA 08
Depok
2013
Kata pengantar
Puji syukur kehadirat tuhan yang
maha esa, yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya, sehingga penyusun dapat
menyelesaikan Makalah dengan judul “kreativitas dan keberbakatan tentang
permainan brain & brawn the tactical game”.
Makalah ini merupakan syarat
melengkapi tugas kelompok pada mata kuliah kreativitas dan keberbakatan, dalam
proses pembuatan permainan dan juga pembuatan makalah, kami turut serta
mengajak orang-orang disekitar lingkungan kami agar dapat
menggunakan dan menilai hasil dari karya yang kami buat selain itu di dalam
pembuatan permainan tersebut kami bermaksud atau bertujuan untuk memberikan
hiburan yang menyegarkan agar masyarakat di lingkungan kami khususnya bagi anak
kost-kostan tidak mudah jenuh dengan keadaan.
Selain itu kami menanamkan cara
bagaimana bekerja sama diantara kelompok bukan hanya menggunakan fisik namun
juga pikiran. Penyusun berterima kasih kepada dosen pembimbing yang telah
membimbing, Sehingga makalah dapat terselesaikan dengan baik. Dalam proses penyelesaian
makalah ini penyusun banyak menemukan kesulitan, hal ini disebabkan karena
masih terbatasnya kemampuan penulis, baik pengalaman maupun pengetahuan. Untuk
itu, penulis harapkan atas kritik dan saran yang positif demi kesempurnaan makalah
ini.
Depok, 20-04-2013
Daftar isi
Kata
pengantar………………………………………………………………......... 2
Daftar
isi………………………………………………………………………...... 3
BAB 1
Pendahulauan………………………………………………………………………. 4
Rumusan
masalah………………………………………………………………….. 4
Tujuan
masalah…………………………………………………………………….. 4
BAB 2
Pembahasan………………………………………………………………………… 5
Pengertian
kreativitas………………………………………………………………. 5
Pengertian
keberbakatan…………………………………………………………… 5
Hubungan
Kreativitas dan Keberbakatan dengan permainan Brain & Brawn……. 6
Dampak
psikologis yang ditimbulkan terhadap permainan Brain & Brawn……... 6
Efek
positif……………………………………………………………………....... 7
Efek
negative………………………………………………………………………. 7
BAB 3
Penutup……………………………………………………………………………. 8
Kesimpulan………………………………………………………………………... 8
Saran
………………………………………………………………………………. 8
Daftar
Pustaka……………………………………………………………………… 9
Bab 1
Pendahuluan
Bakat adalah anugrah yang tidak boleh disia – siakan dan
harus dikembangkan secara maksimal. Setiap manusia terlahir dengan memiliki
bakat tertentu. Bakat adalah sesuatu yang sudah dimiliki secara alamiah, yang
mutlak memerlukan latihan untuk membangkitkan dan mengembangkannya Seperti
halnya bakat, kreativitas yang dimiliki oleh seseorang juga anugrah yang harus
dipergunakan secara tepat sasaran.
Kreativitas, disamping bermakna baik untuk pengembangan diri
maupun untuk pembangunan masyarakat , juga merupakan salah satu kebutuhan pokok
manusia. Kreativitas erat kaitannya dengan kehidupan manusia. Kreativitas
selalu berada dibelakang sebuah penemuan besar.
Kreativitas dan bakat sangat dibutuhkan individu untuk bisa
melewati seleksi alam. Perpaduan keduanya juga sangat diperlukan untuk
menghasilkan produk kreativitas yang bermanfaat. Maka dari itu, kami sebagai
penyusun makalah berinisiatif membuat karya yaitu suatu permainan yang kami
beri nama brain & brawn the tactical game yang berhubungan erat dengan
psikologis seseorang dalam menyelesaikan masalah yang mereka hadapi sekaligus
memberikan hiburan yang ikut melakukan permainan tersebut maupun yang tidak ikut
disamping itu, permainan tersebut dirancang dengan menggunakan efek-efek yang
tentunya berkaitan dengan mood seseorang misalnya warna, dan bentuk dari suatu
bangun ruang.
B. rumusan masalah
1.pengertian kreativitas dan keberbakatan.
2.hubungan kreativitas dan keberbakatan dengan permainan
brain & brawn.
3.dampak psikologis yang ditimbulkan terhadap permainan
brain & brawn.
C. tujuan makalah
1.tujuan umum : untuk memenuhi tugas
mata kuliah umum psikologi kreativitas dan keberbakatan.
2. tujuan khusus : menambah
pengetahuan dan wawasan tentang kreativitas dan keberbakatan dengan cara
membuat suatu karya permainan yang dapat memberikan efek positif bagi
perkembangan mood seseorang yang tentunya berkaitan dengan psikologis
seseorang.
Bab 2
Pembahasan
Pengertian kreativitas
Salah satu
masalah yang kritis dalam meneliti, mengidentifikasi, dan mengembangkan
kreativitas ialah bahwa ada begitu banyak definisi tentang kreativitas, tetapi
tidak ada satu definisi pun yang dapat diterima secara universal. Mengingat
kompleksitas dari konsep kreativitas, agaknya hal ini tidak mungkin dan tidak
perlu, karena kreativitas dapat ditinjau dari berbagai aspek, yang kendatipun
saling berkaitan tetapi penekanannya berbeda – beda. Rodhes (1961, dalam
Isaksen, 1987) dalam menganalisis lebih dari 40 definisi tentang kreativitas,
menyimpulkan bahwa pada umumnya kreativitas dirumuskan dalam istilah pribadi
(person), proses, dan produk.
Pengertian Keberbakatan
Apa yang dimaksud “ keberbakatan” dan “ anak berbakat”?
Dalam kepustakaan yang ditemukan berbagai istilah dan definisi mengenai anak
berbakat dan keberbakatan. Istilah ini yang menunjukkan suatu perkembangan dari
pendekatan “uni-dimensional” ( seperti definisi dari Terman yang
menggunakan inteligensi sebagai criteria tunggal untuk mengidentifikasi anak
berbakat, yaitu IQ 140) ke pendekatan “ multi-dimensional “. Pendekatan
ini yang mengakui keragaman konsep dan kriteria keberbakatan, yaitu memerlukan
cara – cara dan alat – alat yang berbeda – beda pula untuk mengidentifikasinya.
Kemampuan – kemampuan keberbakatan tersebut,
baik secara potensional maupun yang telah nyata, meliputi :
A. Kemampuan intelektual umum.
B. Kemampuan akademik khusus.
C. Kemampuan berpikir kreatif –
produktif.
D. Kemampuan memimpin.
E. Kemampuan dalam salah satu bidang
seni.
F. Kemampuan psikomotor ( seperti dalam
olahraga).
Hubungan Kreativitas
dan Keberbakatan dengan permainan Brain & Brawn
Tentunya,
bahwa kreativitas dan keberbakatan mencakup keluwesan dalam berfikir dan skelancaran dalam
memproduksi ide-ide dan kelancaran dalam memproduksi ide-ide tersebut. Dan kami
meyakini bahwa kreativitas dan juga keberbakatan dapat dituangkan kedalam suatu
bentuk karya yang unik yang dapat merubah pandangan ataupun persepsi seseorang
mengenai suatu keadaan.
Pertama,
kami menyatakan bahwa permainan yang kami rancang terinspirasi dan mengadopsi
suatu permainan yang pada umumnya masyarakat mengetahuinya sebagai twister, dan
tentunya kami juga mengucapkan terima kasih karena dengan adanya twister maka
permainan yang kami rancang bisa lebih baik dan imaginatif yaitu dengan
menggunakan aspek yang berkaitan dengan psikologi.
Maka
dari itu kami sebagai penyusun makalah sekaligus pembuat permainan yang kami
beri nama brain & brawn the tactical game merancang sedemikian rupa agar
masyarakat khususnya kaum muda merasa terhibur serta dapat merubah mood mereka
yang sebelumnya merasa sedih, gelisah, ataupun berduka cita, kembali menemukan
mood mereka yaitu senang dan melupakan masalah sejenak yang sedang mereka
hadapi.
Selain
itu, kami menyisipkan aspek yang berkaitan dengan psikologi yang dituangkan
dalam permainan brain & brawn yaitu warna dan juga bangun ruang yang
masing-masing tentunya berkaitan dengan psikologi kepribadian seseorang.
Dampak psikologis
yang ditimbulkan terhadap permainan Brain & Brawn
Sebagaimana
diketahui bahwa setiap permainan mempunyai efek positif maupun negatif bagi
perkembangan psikologis seseorang yang memainkannya, begitu juga permainan yang
bernama brain & brawn the tactical game yang dirancang sesuai dengan
karakter individu masing-masing bak menggunakan warna maupun bangun ruang yang
masing-masing mempunyai makna.
Berikut adalah
efek positif permainan Brain & Brawn the tactical game :
ü Mampu
menghilangkan rasa jenuh dan kepenatan setelah bekerja maupun belajar.
ü Harga
yang ekonomis membuat permainan brain & brawn mudah dibuat ataupun dibeli.
ü Bisa
dimainkan ditempat tertutup maupun tempat terbuka.
ü Dapat
digunakan di ruang yang sempit maupun luas menyesuaikan kondisi tempat.
ü Dengan
penggunaan warna yang cerah dapat merubah mood seseorang ke arah yang lebih
baik.
ü Melatih
konsentrasi dan fisik ketika sedang melakukan sesuatu kegiatan.
ü Dengan
penambahan gambar bangun ruang yang tentunya mempunyai makna bagi psikologi
seseorang tentunya dapat menambah wawasan bagaimana karakter mengenai diri
sendiri dan juga orang lain.
ü Dan
dapat dimainkan oleh seluruh kalangan masyarakat.
Namun dalam
permainan brain & brawn terdapat efek negatif yaitu :
o Jika
tidak melakukan pemanasan tubuh terlebih dahulu dikhawatirkan dapat terjadinya
cedera baik di persendian maupun di bagian pinggang.
o Perlunya
strategi yang tepat ketika bermain agar posisi tubuh dapat dikendalikan dengan
baik.
o Permainan
ini hanya dapat dilakukan beregu yaitu masing-masing dua orang dan tidak dapat
dilakukan secara individu atau ke empat orang tersebut saling berlawanan.
Bab 3
penutup
Kesimpulan
Dalam
membuat suatu karya tentunya dibutuhkan sikap kreatif dan motivasi akan suatu
wujud yang ingin dicapai karena jika hanya mengandalkan bakat tanpa adanya
sikap kreatif maka tentu hasilnya tidak akan maksimal dan dalam perwujudan
suatu karya tentunya akan menghasilkan efek positif dan negatif.
Dan
dari semua itu adalah bagaimana kita meminimalisir segala efek negatif karena
tentunya wujud karya yang disukai masyarakat adalah karya yang memberikan
banyak manfaat baik bagi diri sendiri maupun orang lain.
Saran
Tentunya segala
bakat harus dikembangkan dengan sikap kreativitas dan juga motivasi yang tinggi
yaitu suatu bentuk pengikatan diri terhadap tugas, karena seseorang
yang memiliki kreativitas pasti berbakat, tetapi seseorang yang berbakat belum
tentu memiliki kreativitas.
Daftar
pustaka
Mudjiran, Dkk. 2007. Buku Ajar;
Perkembangan Peserta Didik. Padang: UNP Press.
Utami
Munandar. 2004. Perkembangan kreativitas anak berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
KEPUSTAKAAN Mangunhardjono, AM. 1986. Mengembangkan
kreativitas. Yogyakarta: Kanisius.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar