Cari Blog Ini

Rabu, 31 Juli 2013

praktikum faal 1

LAPORAN PRAKTIKUM PSIKOLOGI FAAL
Nama  Mahasiswa       : Farid Hikmatullah
NPM                           :13512713
Tanggal pemeriksaan : 02-05-2013
Nama Asisten :1. Alia
2.
Paraf Asisten :

1.      Percobaan                              : Indera penglihatan
Nama percobaan                   : Refleks (reaksi pupil)
Nama subjek  percobaan      :Brivan Esa Putra
Tempat Percobaan                : Laboratorium Psikologi Faal
a.      Tujuan Percobaan          : Untuk mengetahui reaksi apa yang terjadi pada                   pupil mata apabila mata diberi cahaya secara                                                   langsung atau tidak langsung.
b.      Dasar Teori                      :Indera penglihatan atau biasa yang sering                                               disebut penglihatan digunakan sebagai media                                                dalam melihat objek, tanpa adanya indera                                                        penglihatan tentu kita tidak akan mampu                                                 melihat objek yang ada disekeliling kita. Dan                                                oleh karena itu, mata objek terpenting dari                                                      semua indera karena tentunya berkaitan                                                       dengan penginderaan yang lainnya, mata                                                 mempunyai bagian-bagian yang penting                                                         seperti bagian luar, bagian tengah, dan bagian                                                dalam. masing-masing bagian dari mata baik                                           bagian luar, tengah maupun dalam mempunyai                                              ciri dan fungsi yangkhasbagi proses                                                          terciptanya penglihatan yang baik.
c.       Alat yang Digunakan      : Cermin, senter, sedotan/tabung dari kertas                                             sepanjang 15mm dengan lubang pada dasar.
d.      Jalannya Percobaan: 1.1 Mula-mula praktikan diperintahkanmelihat   cahaya dari senter, dan setelah diperhatikan                               terjadi perbedaan antara mata yang tidak          diberi cahaya dan mata yang diberi cahaya.
                                          1.2  Mata praktikan ditutup sebelah, lalu didepan                                                  mata yang satunya diberi sedotan atau                                         tabung yang telah disediakan, setelah itu                                           teman yang lain memperhatikan apa  yang                                         terjadi terhadap mata kita.
                                          1.3  Pada percobaan ke tiga mata praktikan                                       diberi cahaya yang dihalangi oleh kaca,                                      lalu teman kita melihat apa yang terjadi                                       pada pupil mata.
e.       Hasil percobaan               : 1.1 dari hasil pengujian terhadap praktikan                                            didapat data bahwa mata praktikan yang                                           disinari cahaya mengalami perubahan                                                  pupil, hal ini dapat terlihat dengan jelas                                               perubahan pupil baik secara cepat maupun                                                     lambat hal ini disebabkan karena                                                                     terkenanya mata terhadap cahaya secara                                                   langsung dan pupil mengecil dengan                                                              lambat jika disinari cahayasecara tidak                                                             langsung.




           1.2 dari hasil pengujian terhadap                    praktikan dapat disimpulkan bahwa          mata praktikan yang disinari                     kemudian diperintahkan melihat                        lubang dari sedotan maka pupil akan            mengecil namun sebaliknya jika                            tidak diberi cahaya pupil dari                         praktikan akan terlihat membesar.
1.3 Dari hasil pengujian didapatkan data       bahwa praktikan yang di sinari cahaya maka pupilnya akan        mengecil.          
f.      Kesimpulan                   : dari percobaan 1,2, dan 3 dapat disimpulkan bahwa mata yang disinari secara langsung maupun tidak langsung akan berdampak pada perbesaran pupil dan juga perkecilan pupil, sebagaimana mata yang disinari cahaya secara langsung maka pupilnya akan mengecil dengan cepat namun jika mata disinari dengan cahaya menggunakan media kaca maka akan mengecil namun mengecilnya pupil melambat.
g.     Daftar pustaka              : EBOOK UNIVERSITAS GUNADARMA







2.   Percobaan                              : Indera penglihatan
Nama percobaan                   : Entropis
Nama subjek  percobaan      : Brivan Esa Putra
Tempat Percobaan                : Laboratorium Psikologi Faal
A. Tujuan Percobaan           : Untuk melihat bahwa pada mata terdapat                                                      eritrosit yang berjalan sepanjang pembuluh                                          darah arteri atau vena.
B. Dasar Teori                       : Mata manusia secara keseluruhan berbentuk                                                   seperti bola sehingga sering disebut bola mata.                                                 Media penglihatan terdiri dari kornea, aquous                                                   humor (terletak antara kornea dan lensa),                                                       lensa dan vitrous humor yang merupakan                                                       sebagian dari keseluruhan bola mata dan                                                         terletak diantara lensa dan retina.
C. Alat yang Digunakan       : Senter, kaca reben
D. Jalannya Percobaan        : 2.1 Rekan praktikan menyenter mata praktikan                                                    setelah sebelumnya praktikan diminta                                                                     memegang kaca reben yang kemudian mata                                                rekan tersebut matanya di senter dan                                                             kemudian mata praktikan diarahkan kearah                                       kanan atau kiri lalu dilihat apakah ada                                                               pembuluh darah arteri dan vena
                                                                                         




E. Hasil percobaan                : 2.1 bahwa  dalam pengujian yang dilakukan                                                kepada rekan praktikan dapat diperoleh                                             data yaitu jika mata dihadapkan pada                                                    sinar dan kemudian dihalangi oleh kaca                                                       reben dan kemudian mata dari rekan                                                                        praktikan bergerak ke kanan atau kekiri                                                     maka disitu akan terlihat atau nampak                                                            dengan jelas pembuluh darah arteri dan                                                         vena namun jika mata yang disenter tidak                                                       terhalang oleh kacareben maka pembuluh                                                      darah arteri dan vena akan kuang terlihat                                                       atau nampak.
F. Kesimpulan                       : dengan data yang diperoleh dapat disimpulkan                                           bahwa jika mata dihadapkan sinar dan                                                           kemudian dihalangi oleh kaca reben dan                                                            kemudian mata dari rekan praktikan bergerak                                                ke kanan atau kekiri maka disitu akan terlihat                                                atau nampak dengan jelas pembuluh darah                                                arteri dan vena namun jika mata yang disenter                                                  tidak terhalang oleh kacareben maka                                                           pembuluh darah arteri dan vena akan kuang                                      terlihat atau nampak.

G. Daftar pustaka                 : EBOOK UNIVERSITAS GUNADARMA
           


Tidak ada komentar:

Posting Komentar